Minggu, 02 November 2014

MY ARTIKEL



Penemuan baru di tahun 2014 ditemukan secara tidak sengaja 
Layar gelas tertipis di dunia © Mnn.com.



Sebuah penemuan baru kembali muncul di tahun 2013 lalu. Para peneliti berhasil ciptakan permukaan gelas tertipis di dunia yang nantinya dapat digunakan sebagai layar perangkat mobile atau elektronik lainnya.
Beberapa orang peneliti gabungan dari Cornell University dan University of Ulm, Jerman, berhasil ciptakan penemuan baru yaitu layar gelas tertipis di dunia. Uniknya, layar kaca ini berhasil diciptakan atas dasar ketidaksengajaan
Tidak hanya tipis, layar gelas tersebut juga kuat serta ringan. Dalam menciptakannya, para peneliti menggunakan bahwa yang terbuat dari Graphene. Seperti diketahui, Graphene adalah material yang teringan dan terkuat di dunia. Awalnya, para peneliti ingin meneliti gumpalan yang terdapat di Graphene.
Mereka menemukan bahwa beberapa material yang dipunyai Graphene juga dipunyai oleh sebuah kaca yaitu campuran silikon dan oksigen atom. Para ahli Mengamati dengan mikroskop elektron, ilmuwan menemukan "kotoran" dalam graphene yang mereka buat, Ilmuwan kemudian menyadari bahwa "kotoran" itu adalah lapisan dua dimensi gelas yang tersusun atas silikon dan oksigen,pada saat penelitian tersebut, tanpa sengaja ada kebocoran udara.
Dari kebocoran udara tersebut, beberapa bahan material yang dikandung Graphene dan lainnya tercampur dan mengakibatkan terciptanya gelas super tipis, ringan dan kuat ini,yang tersusun atas kuarsa, mineral yang terdiri atas silikon dan oksigen.

Penemuan  gelas tertipis ini juga memberi petunjuk kepada ilmuwan tentang karakteristik gelas yang masih menjadi teka-teki, karena Atom dalam zat padat biasanya tersusun secara teratur, namun, tidak demikian dengan gelas, walau berbentuk padat atom gelas tersebar tak beraturan, menyerupai susunan atom dalam zat cair.
Dan para ilmuwan mengatakan bahwa penemuan 2Dimensi ini dapat ke depannya masuk ke kategori nanoteknologi. mereka juga mengatakan bahwa Struktur gelas dua dimensi yang terobservasi oleh ilmuwan dalam penemuan ini sama sepeti model teoretis struktur gelas yang tak beraturan yang dibuat pada tahun 1930an.
Pofessor Fisika Teknik di cornell University David Muller, mengatakan bahwa ini adalah sebuah penemuan yang paling membangakan, karena Ini adalah pertama kali orang bisa melihat struktur atom dalam gelas. dikutip Livescience, Kamis (12/9/2013).
Penemuan itu pun secara kebetulan dimasukkan dalam Guiness Book of Records edisi tahun 2014 yang baru saja diterbitkan, dan penemuan tersebut pun sudah dapat dideskripsikan pertama kali dalam jurnal Nano edisi Januari 2012.

sumber:
http://www.merdeka.com/teknologi/penemuan-baru-di-tahun-2014-ditemukan-secara-tidak-sengaja.html.  http://teknologi.inilah.com/read/detail/2029083/ilmuwan-berhasil-ciptakan-gelas-tertipis-di-dunia#.VFN69VeEUwo.  http://sains.kompas.com/read/2013/09/15/1941468/Gelas.Tertipis.di.Dunia.Berhasil.Diciptakan.Tanpa.Sengaja.

Tidak ada komentar: